fbpx

Digital Marketing 101 : Apa Itu Digital Marketing?

Sebagian dari kita mungkin telah familiar dengan arti kata “Marketing & Marketer“.

Istilah marketing berkembang cukup luas seiring dengan perkembangan dunia bisnis dan pemasaran di zaman modern ini, salah satunya dikenal pula istilah “Digital Marketing” yang artinya pemasaran yang dilakukan secara digital.

Marketing (Pemasaran) adalah serangkaian aktivitas bisnis guna memperkenalkan produk, jasa, atau layanan ke masyarakat luas, mulai dari kegiatan promosi, distribusi, penjualan, hingga tahap pengembangan produk.

Nah, Pemasaran Digital atau Digital Marketing adalah suatu konsep dalam aktivitas pemasaran bisnis untuk mempromosikan brand serta produknya agar menjangkau audiens potensial di internet menggunakan berbagai jenis media digital.

Apa sih "Digital Marketing"?

Mengutip beberapa definisi Digital Marketing menurut para ahli, yuk simak.

Josua Tarigan dan Ridwan Sanjaya (2009)

“Pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, e-mail, adwords, ataupun jejaring sosial. Tentu saja pemasaran digital bukan hanya berbicara tentang pemasaran internet.”

Heidrick dan Struggles (2009)

“Digital marketing adalah sebuah hal yang menggunakan dunia digital dalam melakukan periklanan. Kegiatan yang dilakukan tersebut memang tidak menggembar-gemborkan secara langsung. Namun, hal tersebut tetap memiliki efek yang sangat berpengaruh.”

Nah sederhananya adalah pemasaran produk atau jasa memanfaatkan media digital dengan menjangkau konsumen secara tepat.

Di dalam pemasaran digital marketing, kita sangat membutuhkan sosial media sebagai alat untuk melakukan promosi sebuah brand ataupun untuk menjangkau para calon konsumen yang tersebar luas di seluruh dunia.

Banyak yang mengatakan bahwa sosial media adalah media digital marketing yang sangat efektif. Ini karena tidak terlepas dari tiga alasan berikut:

  • Sosial media dapat menjangkau banyak orang
  • Jumlah pengguna yang sangat banyak
  • Biaya yang diperlukan untuk menggunakannya bisa dibilang relatif lebih kecil dibanding media yang lainnya

    Social media memiliki peran penting dalam strategi digital marketing karena dapat meningkatkan brand awareness. Social media memegang arti yang sangat penting dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Seluruh masyarakat dunia sudah bisa menggunakan social media dan di pastikan jumlahnya masih akan terus bertambah.